type='text/javascript'/>

rss

Senin, Agustus 24, 2009

Percepat Akses Mozilla Firefox

Mozilla Firefox. Tak diragukan lagi kecepatannya. Juga tak diragukan keamanannya. Yupz, browser yang disinyalir paling cepat n aman ini memang telah populer di seluruh dunia. Bahkan menjadi pesaing berat Internet Explorer. Sebab, selain dapat di download secara gratis, kinerjanya pun tak diragukan. Apalagi ternyata masih bisa dipercepat lagi. Mau tau caranya ? Nyoh, baca truz smpe selesai. Big Hug

Pada artikel sebelumnya tentang hal ini pula, saya telah mempostingkan suatu cara. Namun, hal ini akan menjadi lebih cepat bila kamu mengikuti langkah-langkah ini.


1. Aktifkan Pipelining
Pipelining adalah sebuah teknik lebih agresif yang memungkinkan browser untuk mengirimkan beberapa permintaan sekaligus sebelum menerima respon apapun untuk mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk mengunduh isi halaman. Untuk mengaktifkan fungsi ini :

  • Ketik "about:config" pada kotak alamat, lalu enter.
  • Kemudian, ketika muncul peringatan, pilih “I’ll be Careful, I promise”.
  • Kemudian, pada kotak filter di atas, ketik pipelining.
  • Lalu setelah itu    klik-ganda pada "network.http.pipelining" dan "network.http.proxy.pipelining" agar nilainya berubah menjadi "true" kemudian klik-ganda pada "network.http.pipelining.maxrequest" dan jadikan nilainya "antara 30-100, makin besar makin cepat". Perlu diingat bahwa beberapa server tidak melayani pipelining. Jadi, ada kemungkinan kalau pengaturan ini justru memperburuk kinerja. Atur kembali semuanya seperti pengaturan awal jika memang terjadi masalah.

2. Render dengan Cepat
Situs yang besar dan rumit bisa memakan waktu untuk diunduh. Firefox tidak ingin membuat Anda menunggu, jadi dengan pengaturan standar Firefox akan langsung menampilkan apa yang ia terima setiap 0,12 detik. Walaupun hal ini membuat browser terkesan lebih cepat, rendering ulang yang dilakukan terus menerus meningkatkan waktu total yang dibutuhkan untuk menampilkan halaman, kita dapat mengurangi jumlah rendering ulang untuk meningkatkan kinerja. Caranya :

  • Ketik "about:config" dan tekan [ENTER]
  • Klik kanan pada tampilan utama dan kemudian pilih "New > Integer". Ketik "content.notify.interval" sebagai nama preferensi Anda, klik "ok", masukkan "500000" (500 ribu) dan klik "ok" kembali.
  • Klik kanan lagi pada tampilandan pilih "New > Boolean". Kali ini buat nilai disebut "content.notify.ontimer" dan atur menjadi "True" untuk menyelesaikan tugas Anda.
    3.Loading Lebih Cepat
    Kalau kamu tidak menggerakkan “tikus” atau menyentuh keyboard selama 0,75 detik, Firefox akan masuk ke dalam mode "low frequency interrupt" yang artinya interface-nya menjadi kurang responsif tetapi bisa me-load halaman lebih cepat. Step :
  • Ketik "about:config" dan tekan [ENTER].
  • Klik kanan pada tampilan dan pilih "New > Integer". Ketik "content.switch.threshold", klik "ok", masukkan "250000" (seperempat detik) dan klik "ok" untuk menyelesaikan.

4. Tidak Ada Interupsi 
Kamu bisa melakukan langkah lebih jauh dengan memberitahu Firefox untuk sama sekali mengabaikan user interface events sampai halaman selesai diunduh. Cara ini agak ekstrim karena Firefox bisa menjadi tidak responsif selama beberapa waktu, tapi coba aja. Siapa tahu berguna bagi kamu. Caranya :

  • Ketik "about:config", tekan [ENTER]
  • Klik kanan, pilih "New > Boolean".
  • Ketik "content.interrupt.parsing", klik "ok", atur nilainya menjadi "False" dan klik "ok".

5. Meningkatkan Ukuran Cache
Ketika berselancar Firefox akan menyimpan gambar dan skrip pada memory cache lokal di mana kamu bisa mempercepat pengambilan data jika mengunjungi situs yang sama kembali. Jika Anda memiliki RAM yang besar (2GB atau lebih), biarkan Firefox berjalan lebih lama sehingga mengunjungi kembali halaman-halaman situs akan lebih cepat, terutama dengan cache yang besar. Caranya :

  • Ketik "about:config" dan tekan [ENTER], kemudian klik kanan dan pilih "New > Integer".
  • Ketik "browser.cache.memory.capacity", klik "ok", masukkan "65536" dan klik "ok", kemudian "restart" browser untuk mendapatkan cache yang baru dan lebih besar.

6. Aktifkan TraceMonkey
TraceMonkey adalah engine Javascript baru dari Mozilla yang super cepat, dalam beberapa benchmark bahkan mencetak nilai 40x lebih besar dibandingkan versi saat ini. Tracemonkey mungkin saat ini memang dalam tahap pengembangan , tetapi kalau kamu keberatan menggunakan perangkat lunak dalam tahap pengembangan, dapatkan nightly build terbaru dari (ftp://ftp.mozilla.org/pub/firefox/nightly/latest-trunk/). Versi beta pertama Firefox 3.1 juga dijadwalkan untuk dikeluarkan bulan ini juga. Cara Setting sendiri :

  • Ketik "about:config" pada kotak alamat dan tekan [ENTER].
  • Ketik "JIT" pada kotak filter, lalu klik ganda "javascript.options.jit.chrome" dan "javascript.options.jit.content" untuk mengubah nilainya menjadi "true". Selamat!, kini Anda telah menggunakan engine Javascript mutakhir Firefox.
    Selesai. Jangan lupa, kalo smua udah dilakukan, Restart Firefox n rasakan perubahannya. Mantap khan ?

Sumber : Dari berbagai sumber. Thx to forum Indowebster

Masukkan Alamat Email Anda Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru Blog Faiz Gratis!

Add to Google Reader or Homepage

4 comments:

kakve-santi on Minggu, Agustus 30, 2009 5:30:00 AM mengatakan...

ikutan.,..!

putra on Selasa, November 10, 2009 8:39:00 PM mengatakan...

Mantep OM !! sukses !!Thanks ya ,,
btw boleh tukeran link nggak ,,, kutunggu konfirmnya ya ,,,

chris on Rabu, November 18, 2009 1:34:00 PM mengatakan...

wah ..nice posting nie..
thanks infonya..:D

o iya jng lupa mampir kesini

Faiz Al-Mushonnif on Minggu, Desember 20, 2009 6:32:00 PM mengatakan...

@ kakve-santi : silahkan, XD
@ Putra : Boleh, pasang dulu yawh, ntar klo udah, kabarin lagi
@ Chris : sama2, mampir dulu Gan,


Posting Komentar

Silahkan Comment, No Span, No Porn!

Subscribe

 Berlangganan via RSS Reader

Masukkan Alamat Email Kamu Untuk Berlangganan Artikel Blog Faiz via Email:

Delivered by FeedBurner

Add to Google Reader or Homepage

Chat With Me Here...

Sponsors...

 

Bottom Toolbar

Pengikut

Follow Me... X-)

back to top