type='text/javascript'/>

rss

Jumat, Oktober 10, 2008

Hal-hal mengenai Puasa Syawal

Oke, melanjutkan artikel yang kemaren, nih aku kasih syarat-syarat Puasa Syawal. Nggak banyak sich, tapi semoga bermanfaat.

1. Nggak harus dilakukan secara urut. Nah, ini nich yang perlu digaris bawahi. Coz, banyak orang-orang yang berpendapat kalo puasa ini harus dilakukan secara urut tepat enam hari setelah Idul Fitri. Berarti, tanggal-nya musti tanggal 2, 3, 4, 5, 6, dan 7. Padahal nggak lho. Nich aku kasih tau dasarnya:

“Hari-hari ini (berpuasa Syawal-) tidak harus dilakukan langsung setelah ramadhan. Boleh melakukannya satu hari atau lebih setelah ‘Id, dan mereka boleh menjalankannya secara berurutan atau terpisah selama bulan Syawal, apapun yang lebih mudah bagi seseorang. … dan ini (hukumnya-) tidaklah wajib, melainkan sunnah.”
[Fataawa Al-Lajnah Ad-Daa’imah lil Buhuuts wal Ifta’, 10/391]

So, dari dasar di atas, berart dah jelas. Kagak harus urut, yang penting di Bulan Syawal. Bukan di bulan laennya. Oke? Maw tau hal penting laennya? Baca terus ampe selesai!

2. Mengenai ini ada dua fatwa yang ama-ama kuatnya nich. Jadi terserah. Antum mau ngikutin yang mana.

Fatwa pertama. Ngelakuin Puasa Sawal, boleh niatnya ndobel. Maksudnya gini, bagi yang punya utang puasa di Bulan Ramadhan, niatnya boleh kok, ndobel sekalian ama puasa di bulan Syawal. Jadi sehari puasa, niatnya dua hal. Yang pertama niat untuk ngelunasi utang, yang kedua untuk puasa Syawal.

Fatwa kedua. Kagak boleh puasa Syawal dahulu, sebelum utang puasanya di bulan Ramadhan mendapat stempel LUNAS! Jadinya, Antum musti nglunasi dulu hutang puasanya, baru boleh ngelakuin Puasa Syawal.

Oke, dua fatwa di atas cukup kuat. Jadi enjoy aja. Pilih sesuai keyakinan U. Nggak usah diperdebatkan, karena niat dan tujuan kita cuman satu. Yaitu mengharap ridho Allah swt. Oke ampe di sini aja yaw!

Masukkan Alamat Email Anda Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru Blog Faiz Gratis!

Add to Google Reader or Homepage

0 comments:


Posting Komentar

Silahkan Comment, No Span, No Porn!

Subscribe

 Berlangganan via RSS Reader

Masukkan Alamat Email Kamu Untuk Berlangganan Artikel Blog Faiz via Email:

Delivered by FeedBurner

Add to Google Reader or Homepage

Chat With Me Here...

Sponsors...

 

Bottom Toolbar

Pengikut

Follow Me... X-)

back to top