type='text/javascript'/>

rss

Sabtu, Juli 24, 2010

Astronomy : Kenapa Matahari tiada Henti Bersinar?

image Hula… kembali lagi dengan saya di sini. Kali ini, saya akan menuliskan tentang topik astronomi. What ??? Ya, sebagai rasa syukur atas postingku ke 100 ini, BananaAlhamdulillah, pada kelas XI ini, saya diberi amanat untuk masuk dalam kelas olimpiade di SMAN 3 Malang. N hasilnya? Ternyata saya masuk olimpiade astronomi. So, di blog ini, saya ingin sedikit sharing aja tentang Astronomi.

Kali ini, saya ingin berbagi tentang matahari. Dibalik panasnya matahari tersebut, ternyata ia menyimpan banyak kejadian luar biasa. Mau tau kejadiannya? Sikat nih artikel ampe tuntas.

By the way, ngeliat matahari yang bersinar begitu lama, tentu kita bertanya-tanya. Kok bisa ya, tuh benda selama 4.5 milyar tahun bercahaya terus? Berapa watt tuh lampunya ??

Daripada mikir2 terus, nih aku jelasin kenapa. Sedikitnya, ada 3 teori yang menjelaskan tentang ini.


   Teori Pertama : Energi Kimia. Namun akhirnya, teori ini ditolak. Coz, suatu energi kimia, hanya bisa bertahan 10.000 tahun saja. Sedangkan matahari, sudah sepuh banget. 4.5 milyar tahun. Teori ini akhirnya diyakini merupakan awal2 pembentukan matahari.
   Teori Kedua : Energi dari Pengerutan Gravitasi (ini aku masih bingung maksudnya, .  Ini terjadi ketika matahari mengerut untuk mencapai keseimbangan hidrostatik. Namun, setelah dihitung, (ga tau masihan ngitungnya gimana) ternyata kalo pake ini cuman bisa bersinar 25 juta tahun aja.

   Teori Ketiga : Energi dan hasil reaksi nuklir. Ini teori aku juga masih lumayan bingung. Yang jelas, teori ini paling kuat. Coz, teori ini menjelaskan bahwa adanya reaksi fusi atau  penggabungan secara terus menerus antara 4 inti atom gas  Hidrogen menjadi 1 inti atom gas Helium. Sehingga, menyebabkan terusnya matahari itu bersinar.

Nah, mungkin sekian artikel pertamaku ini tentang astronomi. Di artikel selanjutnya, Insya allah akan aku jelaskan tentang struktur matahari, n pastinya akan aku lengkapi dengan foto2 yang lebih menarik n banyak. Sekian. Jangan lupa di like ya… XD

Masukkan Alamat Email Anda Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru Blog Faiz Gratis!

Add to Google Reader or Homepage

1 comments:

DwiCy Sukses on Minggu, Juli 25, 2010 5:50:00 PM mengatakan...

Rahasia yang masih menjadi rahasia....
Selamat Iz, masuk kelas olimpiade__ moga relief ukiran prestasi Faiz di kelas ini makin kinclong. Amin.
:)


Posting Komentar

Silahkan Comment, No Span, No Porn!

Subscribe

 Berlangganan via RSS Reader

Masukkan Alamat Email Kamu Untuk Berlangganan Artikel Blog Faiz via Email:

Delivered by FeedBurner

Add to Google Reader or Homepage

Chat With Me Here...

Sponsors...

 

Bottom Toolbar

Pengikut

Follow Me... X-)

back to top